Friday, April 12, 2019

SAYAP PESAWAT UDARA


Bagian dan fungsi dari pesawat udara  (part and function of aircraft);

Untuk mengenal dan mengetahui bagian bagian pesawat udara dengan mudah dan sistematis, maka pesawat udara dibagi menjadi 3 (tiga) bagian besar yaitu  :


Sayap   (wing)
           Dari konstruksinya pada dasarnya sayap (wing) digunakan untuk menghasilkan gaya angkat pesawat yang disebut dengan istilah “ lift”;   Sayap (wing) merupakan bagian penting dari pesawat udara karena pada wing pada umunya terdapat  tangki bahan bakar, mesin pesawat udara (engine), dan roda pendarat;
a.    Fungsi sayap (wing) sebagai gaya angkat;
Bila pesawat bergerak dengan kecepatan tertentu terjadilah aliran udara yang melewati atas sayap (V1) dan bawah sayap (V2) kecepatan V1 > kecepatan V2, maka tekanan (P) selalu berlawanan dengan kecepatan, maka P2 > P1(P2 tekanan di bawah sayap P1 di atas sayap)
      Dengan perbedaan tekanan tersebut, maka sayap akan terangkat keatas. Apabila aircraft bergerak ke kiri dengan kecepatan tertentu maka V1 . V2 sebab jarak AB di atas sayap lebih jauh dari AB di bawah sayap.
      Dengan ketentuan bahwa kecepatan (V) berbanding berbalik dengan tekanan (P)  ---- maka P2>P1.
      Aliran udara yang tepat pada titik A, kecepatannya menjadi 0 (nol), tempat titik A ini disebut Stagnation Point.
      Udara yang melewati atas sayap yang terdekat dengan airfoll, dititik X berubah menjadi turbulent (pusaran udara), titik X ini disebut Transition Point.
                  Note :
1)    Stagnation point ialah  :
Airpoil (aliran udara) yang tepat mengenai leading edge.
2)    Transition Point ialah  :
Tempat dimana air stream berubah menjadi turbulent;
           b.   Jumlah Sayap
                 Pada dasarnya menurut jumlah sayapnya pesawat terbang di bagi menjadi 3 (tiga) 
                 bagian yaitu 

1)  Sayap Tunggal (mono plane)
Pesawat ini dibuat untuk tujuan mendapatkan kecepatan (speed) yang cukup
Contoh    :   B- 737, dan lain lain sebagainya.
       2)  Sayap  Ganda (be plane);
Pesawat jenis ini menggunakan 2 sayap, yang bertujuan untuk     mendapatkan Lift yang maksimum mungkin;
      Contoh    :    BOXER, AUSTER, dll sebagainya
        3) Sayap  Campuran (seque plane)
Pesawat jenis ini termasuk monoplane, yang diberi tambahan sayap yang berfungsi untuk mendapatkan Life tambahan serta untuk memasang mesin dan tangki bahan bakar.
Contoh :  Donier, DO – 28
            
             c.  Bentuk sayap
                  Menurut pembagian bentuk sayapnya pesawat di bagi    menjadi 3 (tiga) kelompok,  
                  yaitu:
1)    Pesawat bersayap lurus (straight wing);
     a)  Pesawat ini mempunyai bentuk sayap persegi empat dan    pada umumnya cara pemasangan sayapnya diatas;
b)    Tujuan utama membuat jenis ini adalah untuk mendapatkan Lift yang maximum.
Contoh  :
DHC – Twin Otter
Cessna U – 206
Gelatik dsb-nya

       2)  Pesawat bersayap back (sweep bak wing);
Pesawat jenis ini mempunyai bentuk sayap yang pangkalnya lebih besar dari ujungnya, dan bertujuan untuk mendapatkan Lift dan Speed yang cukup;
Contoh  :   DC -3
      PA – 31 (piper navayo)
                                            PA – 23 (piper astec) 


                     3)  Pesawat bersayap segitiga (Delta Wing)
                          Pesawat jenis ini mempunyai bentuk sayap segitiga (delta) yang bertujuan untuk 
                          mendapatkan Speed yang tinggi
                          contoh :       MIG – 21
                 Phantom (F.16)
                 Concorde


JENIS SAYAP
     1)    High Wing  :  
                                    Tujuan dari cara pemasangan ini ialah untuk mendapatkan Lift yang 
                                    semaksimum mungkin
     Contoh         PE – 6 (porter pillatus)
                          U – 206 (Cessna)
                          DHC – 6 (Twin otter)

      2)  Lower Wing  : 
           Tujuan dari pemasangan ini ialah untuk mendapatkan Speed yang tinggi
      Contoh   :    PA – 31
                                                         PA – 23
                                                         DC – 3 dsb-ya
 
                    3)  Mid Wing 
                         Tujuan dari cara pemasangan ini ialah untuk mendapatkan Speed yang tinngi
     Contoh  :         Pesawat B – 25 Bomber

                    4)  Parasol Wing  : 
                         Tujuan dari cara pemasangan ini ialah untuk mendapatkan Lift yang besar

                               5)  Gul Wing 
                                    Tujuan dari cara pemasangan ini ialah untuk mendapatkan Lift besar. Sayap  
                                     jenis ini menyerupai sayap burung elang laut
     Contoh        :    Pesawat PIAGGIO – DL. 3

6)   Inverted Gull Wing 
     Tujuan dibuat jenis ini untuk mendapatkan Speed yang cukup. Bentuknya 
     mirip dengan Gull wing, hanya kedudukan sayapnya di bawah ini dan 
     terbalik;
                                 Seperti  :  MENTOR (T – 15 )

     7)   Dehdyral Wing  :  
          Dehydral wing ini mirip dengan Lower Wing, hanya kedudukan ujung     
          sayapnya lebih tinggi dari pangkal sayapnya. Tujuan pembuatan ini ialah  
          untuk mendapatkan Speed yang tinggi;

No comments:

Post a Comment

LOGO POLITEKNIK PENERBANGAN JAYAPURA